Terapi Sel Punca Malaysia: Harga dan Ulasan (2023)

Terapi sel punca telah mendapatkan popularitas sebagai pilihan pengobatan yang menjanjikan apalagi perawatan medis saat ini telah berkurang. Namun, ada juga banyak kebingungan karena bercampurnya informasi ilmiah yang kredibel dan promosi pemasaran yang tersedia di internet. Ada lebih dari 200.000 penelitian ilmiah yang dipublikasikan di PubMed.gov dan lebih dari 8.000 penelitian terkait sel punca yang sedang berlangsung di Clinicaltrials.gov.

stem cell therapy malaysia

Rangkuman:

Kami telah mengumpulkan dan meringkas informasi penting di bawah ini dalam istilah awam sehingga Anda dapat memahami dan membuat keputusan yang lebih baik.

Kami telah merangkum informasi penting dan menyediakan beberapa tautan yang relevan untuk memfasilitasi penelitian Anda untuk 'Stem Cell Malaysia enyaring banyak hoax di luar sana. Mari baca dan lakukan penelitian Anda sendiri dan mudah-mudahan, Anda akan mendapatkan dokter berkualitas terbaik untuk prosedur sel punca Anda di Malaysia.

  • Apa itu Stem Cell/Sel Punca?
  • Biaya Terapi Sel Punca di Malaysia
  • Ulasan Stem Cell Malaysia
  • Terapi Sel Punca untuk Diabetes di Malaysia
  • Perawatan Stem Cell untuk Lutut di Malaysia
  • Terapi Sel Punca untuk Autisme di Malaysia
  • Klinik Terapi Sel Punca Terbaik di Kuala Lumpur dan Selangor
  • Sel Punca Mesenkimal (Mesenchymal Stem Cells)
  • Suplemen Oral Sel Punca? | Peringatan Penipuan


Stem cell Malaysia


Apa itu Stem Cell?

Tujuan utama sel punca adalah untuk memelihara, menyembuhkan, dan meregenerasi jaringan di mana pun mereka berada di tubuh Anda. Ini adalah proses berkelanjutan yang terjadi di dalam tubuh Anda sepanjang hidup Anda. Jika Anda tidak memiliki sel punca, umur Anda hanya tinggal sekitar satu jam, karena tidak akan ada yang bisa menggantikan sel yang lelah atau jaringan yang rusak. Selain itu, setiap kali tubuh Anda terpapar racun apa pun, proses inflamasi menyebabkan sel punca mengerumuni area tersebut untuk memperbaiki kerusakan.

Sel punca berbeda dari jenis sel lain di dalam tubuh. Mereka istimewa karena kemampuan mereka untuk memperbaharui, menggandakan, meregenerasi, dan memperbaiki diri sendiri.

Sel punca juga dapat diklasifikasikan berdasarkan sumbernya, misalnya sel punca embrionik, sel punca janin, dan sel punca dewasa.

Secara historis, sel punca diisolasi dari sumsum tulang, dan telah digunakan untuk transplantasi sumsum tulang bagi pasien kanker sejak tahun 1930-an. Namun, Anda bisa mendapatkan sel punca dari hampir semua jaringan di tubuh Anda, karena setiap jaringan mengandung sel punca. Penting untuk diketahui bahwa ada banyak jenis sel punca dewasa:

  • Hematopoietic Stem Cells (Blood Stem Cells) / Sel Induk Hematopoietik (Sel Induk Darah)
  • Mesenchymal Stem Cells / Sel Punca Mesenkim
  • Neural Stem Cells / Sel Induk Saraf
  • Epithelial Stem Cells / Sel Induk Epitel
  • Skin Stem Cells / Sel Induk Kulit
Banyak yang bingung akan macam-macam sel punca karena tiap jenis sel punca bisa untuk mengobati jenis penyakit tertentu. Misalnya sel punca darah digunakan untuk mengobati masalah terkait darah seperti leukemia dan limfoma. Sel punca mesenkim digunakan untuk memperbaiki organ seperti jantung pada kasus gagal jantung.

Sumsum tulang Anda sebenarnya memiliki jumlah sel punca mesenkimal yang sangat rendah, yang sekarang diyakini sebagai yang paling penting, dari sudut pandang pengobatan. Sel punca mesenkim memiliki kemampuan untuk mengirim sinyal ke seluruh tubuh Anda, memanggil sel ke area tersebut untuk membantu mempercepat penyembuhan.

Ada berbagai produk sel punca di pasar Malaysia. Namun, tidak semua produk mengandung sel punca 'hidup'. Agar sel punca tetap hidup, ia harus disimpan dalam 'penyimpanan nitrogen cair'. Hal lain yang penting untuk dipahami adalah bahwa sel punca hidup untuk mencapai organ target, perlu diberikan secara intra-vena atau intra-muskular. Sel punca yang diambil melalui jalur oral akan dicerna dan dipecah di lambung.


Mesenchymal Stem Cells MalaysiaMesenchymal Stem Cells

Biaya Terapi Sel Punca di Malaysia

Biaya layanan terkait sel punca akan sangat bervariasi tergantung pada jenis layanan yang Anda lakukan. Terapi Sel Punca telah ada selama beberapa dekade, paling terkenal untuk pengobatan leukemia, di mana ia telah menyelamatkan ribuan nyawa melalui transplantasi sumsum tulang.

stem cell price malaysia

Di luar penggunaan sel punca dalam transplantasi sumsum tulang, pengobatan sel punca untuk indikasi lain sudah melalui uji klinis dan telah menunjukkan hasil positif pada penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, osteoartritis lutut, autisme, dan tujuan anti-penuaan.

Sebagai panduan, biaya sel punca mesenkimal di Malaysia mungkin berkisar antara RM 60.000 hingga RM 80.000 untuk 100 juta sel per perawatan.

Paket Regenerasi Tulang Rawan Sel Punca untuk lutut akan bervariasi dari MYR 15.000 hingga MYR 25.000 per lutut. Asuransi kesehatan kemungkinan tidak akan menanggung terapi sel punca karena mereka lebih suka menunggu lebih banyak bukti sebelum menanggung biaya. Namun, ketika Anda membandingkannya dengan biaya pengobatan jangka panjang atau biaya langsung untuk mendapatkan penggantian lutut, terapi sel punca mungkin masih merupakan pilihan yang lebih murah.

Beberapa biaya terapi sel punca dan transplantasi sel punca yang dilaporkan dan dipublikasikan di Malaysia:

  • Kongres Sel Induk ke-1 yang diadakan pada bulan November 2012 di Malaysia melaporkan bahwa di rumah sakit swasta, biaya transplantasi Allogeneic PBSCT (Peripheral Blood Stem Cell Transplant) berkisar RM 200.000 hingga RM 250.000. Melalui Tabung Bantuan Perubatan, Kementerian Kesehatan mensubsidi HSCT (transplantasi sel induk hemopoietik) yang dilakukan di rumah sakit Universitas dengan biaya MYR 40.000 - MYR 60.000 per transplantasi.

Stemlife vs Cryocord 2020 - Harga Stem Cell Banking di Malaysia

Perhatikan bahwa kedua perusahaan akan membebankan biaya di muka atau biaya pendaftaran yang mencakup biaya penyimpanan, pemrosesan, dan pengujian tahun pertama. Biaya pendaftaran akan bervariasi dari RM 3.000 hingga RM 10.000 tergantung pada jenis penyimpanan darah tali pusat.

Stemlife Price Malaysia (harga terbitan 2020/2019):

  • Cord Lining (MSC, EpSC), Wharton’s Jelly (MSC), Cord Blood (HSC): RM 800 biaya penyimpanan tahunan rata-rata
  • Wharton’s Jelly (MSC), Cord Blood (HSC - hematopoietic stem cells): RM 400 biaya penyimpanan tahunan rata-rata
  • Cord Blood (HSC): RM 400 biaya penyimpanan tahunan rata-rata

Cryocord Price Malaysia (harga terbitan 2021/2022):
  • Paket Dasar: RM 280 biaya penyimpanan tahunan
  • Paket Premium: RM 700 biaya penyimpanan tahunan 
Berkaitan: Stemlife vs Cryocord

Ulasan Sel Punca Malaysia

Sebagian besar ulasan terkait dengan perbankan sel punca di Malaysia.

1) Sel Punca Cell (lowyat.net) 

CellSafe, RM 3700 (harga promosi), perangkat SEPAX, harga normal RM4500 tetapi diskon 10% + stoller gratis dengan kartu maybank.

StemLife, RM 4750 (harga promosi), pemrosesan AXP otomatis.

Cryocord, RM 4300 (harga normal), pemrosesan normal; +RM600 untuk perangkat AXP otomatis; +RM500 jika disimpan dengan vial.


2) StemLife vs Cryocord Price (lowyat.net)

Berikut adalah harga dari cyrocord

1. Cord blood (Darah tali pusat)
Uang muka $3000
Tahunan $280
20 tahun $2500

2. Cord blood + MSC
Uang muka $10.800
Tahunan $700
20 tahun $9000
Diskon lump sum $500 (tidak sepadan)
Cord blood tube storage (Penyimpanan tabung darah tali pusat) +$600
Kursi mobil gratis.

Apakah Anda tahu harga stemlife?
Beri tahu saya jika Anda bisa mendapatkan harga yang lebih baik atau gratis?

Berkaitan: Rawatan Stem Cell di Malaysia

Terapi Sel Punca untuk Diabetes di Malaysia

Sebagian besar penelitian sel induk untuk diabetes berkonsentrasi pada diabetes tipe 1 karena dapat ditelusuri ke hilangnya satu jenis sel, sel pulau beta. Sel beta (sel) adalah jenis sel yang ditemukan di pulau pankreas yang memproduksi dan mengeluarkan insulin. Pada pasien dengan diabetes tipe I atau tipe II, massa dan fungsi sel beta berkurang, menyebabkan sekresi insulin tidak mencukupi dan gula darah tinggi.

Saat ini, dua pendekatan sedang digunakan dalam penelitian, menggunakan sel punca sebagai pabrik penghasil sel beta atau sebagai katalis perbaikan sel beta. Kedua metode tersebut memiliki tujuan yang sama yaitu mengembalikan insulin ke tingkat normal. Diabetes Research Institute (DRI) menjalankan uji klinis dan memiliki sejumlah pasien yang hidup bebas insulin selama rata-rata 10 tahun setelah menerima transplantasi sel pulau donor.

Ada banyak upaya berkelanjutan untuk memahami bagaimana terapi sel induk dapat membantu penderita diabetes. Salah satu pusat utama adalah California Institute of Regenerative Medicine, di mana Anda dapat melihat bidang penelitian yang dilakukan secara khusus untuk memahami diabetes.

Untuk daftar klinik terapi sel punca untuk diabetes, lihat Stem Cell Therapy for Diabetes in Malaysia.

Perawatan Sel Punca untuk Lutut di Malaysia

Bagaimana Sel Punca dapat membantu dalam Perawatan untuk Nyeri Lutut?
  • Memperbaiki dan meregenerasi tulang dan tulang rawan yang rusak karena sel punca memiliki kemampuan untuk berdiferensiasi menjadi osteoblas dan kondrosit.
  • Memiliki kemampuan anti-inflamasi, sehingga mengurangi respons inflamasi yang disebabkan oleh kerusakan fisik.
  • Meningkatkan fungsi sendi dan kondisi krepitasi, sehingga mengurangi rasa sakit.
Untuk daftar klinik terapi sel punca untuk nyeri lutut atau regenerasi tulang rawan, lihat Stem Cell Treatment for Knees in Malaysia.


Perawatan Sel Punca untuk Autisme di Malaysia

Terapi sel punca untuk autisme di Malaysia adalah topik penelitian yang sedang berlangsung dan dianggap eksperimental oleh komunitas medis di Malaysia. Orang tua dapat menemukan klinik berbayar untuk layanan yang mengiklankan terapi sel punca untuk autisme di Malaysia, tetapi sebagian besar klinik ini mempromosikan pendekatan mereka sendiri, yang menciptakan banyak kebingungan di antara orang tua tentang bagaimana membandingkan pilihan pengobatan mereka.

Untuk daftar klinik terapi sel punca untuk autisme, lihat Stem Cell Treatment for Autism in Malaysia.

Perawatan Sel Punca untuk Kondisi Lain

Meskipun sebagian besar kondisi tersebut merupakan topik penelitian yang sedang berlangsung (di mana protokol perawatan medis saat ini telah habis), banyak pusat sel punca menawarkan pengobatan untuk kondisi berikut:

COVID-19, Anti-penuaan, Ataksia, Stroke, Gagal Ginjal, Gagal Hati, Muscular Dystrophy, Motor Neuron Diseases, Cerebral Palsy, Multiple Sclerosis, Optic Nerve Hypoplasia (ONH), Septo-Optic Dysplasia (SOD), Optic Nerve Atrophy, Spina Bifida, Cedera Tulang Belakang, Atrofi Otot Tulang Belakang, Cedera Otak Traumatis.

Tempat Terbaik untuk Terapi Sel Punca di Kuala Lumpur dan Selangor

Dengan bangga kami mempersembahkan koleksi “Pusat Terapi Sel Punca Terbaik” kami, yang menampilkan pusat terapi sel punca paling populer di Malaysia. Pusat-pusat mutakhir ini membantu membuat terapi sel punca dapat diakses dan memajukan bidang di setiap bidang utama terapi sel punca.

Lihat daftar klinik terapi sel punca pilihan kami di Malaysia di bawah ini. Daftar pusat telah diatur tanpa urutan tertentu.

Metodologi: Pemilihan klinik didasarkan pada Hasil Pencarian Google, ulasan dan informasi yang tersedia di blog dan forum.

Temukan dokter yang berspesialisasi dalam Pengobatan Regeneratif dan bandingkan harga, biaya, serta ulasan.

1. Hospital Ampang Clinical Stem Cell Services (Ministry of Health)

Didirikan pada November 2006. Bangsal transplantasi yang baru diperkuat pada Juli 2008 dengan 10 ruang transplantasi, 6 ruang pasca transplantasi dan 2 suite.

Unit Transplantasi Sel Punca awalnya di Rumah Sakit Kuala Lumpur dan dipindahkan ke Rumah Sakit Ampang pada tahun 2006 dan menjadi Pusat Rujukan Nasional untuk keahlian hematologi.

Saat ini RS Ampang mampu melakukan 180 transplantasi/tahun sejak 2010 dibandingkan sebelumnya yang hanya 40-45 transplantasi. Waktu tunggu sekarang kurang dari 2 bulan (dibandingkan dengan 6 bulan ketika layanan dimulai), terutama untuk memberikan waktu untuk pemeriksaan donor dan pasien. Kasus darurat seperti kegagalan sumsum tulang dapat diakomodasi dalam waktu 2 minggu setelah donor diidentifikasi. Dari tahun 1999 hingga 25 Oktober 2012, 834 transplantasi dewasa telah dilakukan di unit ini dengan 443 transplantasi autologus, 359 saudara kandung yang cocok secara alogenik, 18 yang tidak terkait secara alogenik dan 7 transplantasi darah tali pusat. (sumber: moh.gov.my)

Lokasi: Jalan Mewah Utara, Taman Pandan Mewah, 68000 Ampang Jaya, Selangor, Malaysia.

2. Stem Cell Malaysia (SCM)

Stem Cell Therapy Malaysia Working Group (SCM) adalah jaringan dokter dan spesialis medis multi-disiplin yang terlatih secara khusus, yang menyediakan pengobatan regeneratif, kedokteran integratif, dan pengobatan gaya hidup yang canggih, didorong oleh penelitian, dan gaya pengobatan di Malaysia.

Solusi sel punca belum tentu cocok untuk semua hal. Baik itu sel punca alogenik atau autologus, kami perlu menilai setiap individu dan melakukan pra-kualifikasi untuk mendapatkan rekomendasi yang dipersonalisasi.

Stem Cell Malaysia memiliki beberapa klinik mitra di Klang Valley i.e. Gleneagles Hospital Kuala Lumpur, Pantai Hospital Kuala Lumpur, UKM Hospital, Subang Jaya Medical Centre, Life Care Medical Centre, Assunta Hospital, Publika KL, Petaling Jaya, Shah Alam dan Seri Kembangan.

Laman web: stemcell.aestheticsadvisor.com

WhatsApp kami untuk Tele-Konsultasi Gratis: +60 11 - 8888 5062

Jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut tentang perawatan sel punca, jangan ragu untuk hubungi kami.

3. MJ Health Screening Centre (MJ HSC)

Pusat Pemeriksaan Kesehatan MJ pertama di Malaysia didirikan pada bulan Desember 2007. Sejak itu, MJ Health telah menyediakan program kesehatan yang komprehensif yang bertujuan untuk menciptakan kesadaran akan manfaat konsep kesehatan preventif di antara klien MJ. Bersamaan dengan itu, mereka menekankan pada mengejar keseimbangan kesehatan fisik dan mental dengan peningkatan gaya hidup sehat bagi semua orang.

MJ HSC menawarkan konsultasi manajemen kesehatan yang dipersonalisasi, layanan estetika, pengobatan regeneratif seperti terapi sel punca & imunoterapi untuk menciptakan platform manajemen kesehatan total yang dapat diakses oleh sepuluh juta orang.

Lokasi: KPMG Tower, Level 2, No. 8, First Avenue, Persiaran Bandar Utama, 47800 Petaling Jaya, Selangor, Malaysia.

4. 23 Century International Life Science Centre

Transfer Bioteknologi Dari China National Stemcell Bank ke 23Century International Life Science Centre Malaysia sejak 2018.

23 Century Group adalah pelopor grup perusahaan teknologi tinggi dengan status utama di bidang manufaktur sel. Mitra bioteknologi grup, Beike Biotechnology Co. Ltd, memiliki pengalaman lebih dari dua puluh tahun dalam pengembangan terapi sel punca dan aplikasi klinis terkait, memegang 67 paten di Cina dan internasional.

Dengan keahlian preparasi sel yang canggih, 23 Century Group saat ini menjadi pemilik laboratorium preparasi sel CGMP di Malaysia. Ini juga akan disinkronkan ke lebih dari 30 laboratorium di seluruh China.

Kelompok ini telah bekerja sama dengan lebih dari 400 lembaga penelitian dan medis domestik dan luar negeri, yang diterbitkan di lebih dari 50 jurnal. Tujuan mereka adalah untuk meningkatkan kesehatan dengan memberikan harapan dan terapi sel kepada pasien yang menderita penyakit yang tidak dapat disembuhkan dari praktik klinis saat ini.

23 Century Group memiliki berbagai pusat mitra di Klang Valley.

WhatsApp kami untuk Tele-Konsultasi Gratis: +60 11 - 8888 5062

5. Cell Therapy Centre - UKM Medical Centre (UKM Stem Cell)

Lokasi: 12th Floor, Clinical Block, Bandar Tun Razak, 56000 Cheras, Kuala Lumpur, Malaysia.

Cell Therapy Center adalah salah satu Center of Excellence di UKM Medical Center (UKMMC) yang menyediakan terapi berbasis sel termasuk sel punca hematopoietik, limfosit, sel dendritik, sel punca mesenkim dan sel mononuklear kepada pasien kanker darah, penyakit sumsum tulang dan degeneratif. penyakit. Pusat Terapi Sel memiliki aspirasi untuk menjadi salah satu pemimpin dunia dalam penelitian dan pengembangan (R&D) imunoterapi kanker dan pengobatan regeneratif.

6. ALPS Medical Centre

Lokasi: Menara See Hoy Chan, 02-03 and 02-04, 374, Jln Tun Razak, 50400 Kuala Lumpur, Malaysia.

ALPS Medical Centre (ALPS) telah memantapkan dirinya sebagai Signature Boutique Medical Centre yang bereputasi dan pilihan pilihan di Malaysia dan di kawasan ini, memberikan rekam jejak yang berkualitas dan sempurna dalam layanan Penuaan Sehat, Plastik, Rekonstruksi, Kosmetik, Kedokteran Estetika dan Kesehatan yang canggih di harga terjangkau.

7. Beverly Wilshire Medical Centre

Dengan 3 cabang di Klang Valley, 2 di Kuala Lumpur dan satu di Petaling Jaya.

Beverly Wilshire Medical Centre - HQ
Lokasi: Level 6, 8 & 9, Kenanga Tower, No. 237 Jalan Tun Razak, 50400 Kuala Lumpur, Malaysia.

Pertahankan semangat dan vitalitas Anda bahkan saat Anda menua dengan terapi sel punca tingkat medis. Beverly Wilshire Medical Center memiliki tim dokter dan perawat yang berdedikasi dan suasana hotel bintang lima yang dilengkapi dengan perangkat pemantauan terbaru sehingga Anda dapat merasa yakin akan keamanan dan kenyamanan. Perawatan kami meliputi tindak lanjut untuk memastikan hasil jangka panjang terbaik tercapai. Berbagai paket tersedia, silakan bertanya untuk mengetahui paket yang paling cocok untuk Anda.

Akumulasi kerusakan radikal bebas yang Anda pertahankan setiap hari meningkat dari waktu ke waktu dan tubuh Anda secara alami merespons dengan konsekuensi penuaan dini dan penyakit degeneratif. Sel-sel tubuh Anda diserang setiap hari, ribuan kali oleh radikal bebas yang mengurangi kualitas hidup Anda yang dapat dibalikkan dengan paket terapi sel induk kami.

8. Cell Malaysia Stem Cell Therapy - Regen Rehabilitation International Hospital

Cell Malaysia terletak di Malaysia dan merupakan pusat spesialis yang menyediakan teknik terapi sel induk perintis kepada pasien dari seluruh dunia untuk membantu mengurangi efek proses penuaan.

Cell Malaysia, dimiliki oleh Chamrun Health Sdn Bhd (1321092-P), didirikan pada tahun 2010 sebagai penyedia layanan Terapi Sel Induk yang membantu pasien di seluruh dunia mencari terapi Sel Punca melalui panel dokter khusus kami dengan pengalaman bertahun-tahun di bidang ini telah merawat ratusan pasien dalam dekade terakhir.

Cell Malaysia beroperasi di Rumah Sakit ReGen Rehab, pusat medis mitra mereka yang berspesialisasi dalam rehabilitasi medis untuk perawatan dan membangun kembali kehidupan. ReGen adalah rumah sakit rehabilitasi swasta pertama di Malaysia yang mendapatkan lisensi Terapi Sel Punca dari Kementerian Kesehatan dengan pusat kebugaran & fasilitas rehabilitasi khusus.

Sel punca yang digunakan oleh Cell Malaysia adalah Mesenchymal Stem Cells (MSCs), yang berasal dari Wharton's Jelly dari tali pusat bayi baru lahir dengan tingkat viabilitas yang tinggi. Sel-sel ini berkualitas sangat tinggi, diproses secara etis di lab kami di Putrajaya, Malaysia. Sel MSC melewati berbagai lapisan tes pada setiap tahap isolasi dan ekspansi untuk memastikan kualitas sel terbaik.

Lokasi: Lot 8, Jalan Bersatu, Jalan 13/4, 46200 Petaling Jaya, Selangor, Malaysia.

Ulasan: 4.7/5 (Google)

9. Kuala Lumpur Sports Medicine Centre (KLSMC) - KLSMC Stem Cells

KLSMC Stem Cells Sdn. Bhd., anak perusahaan Kuala Lumpur Sports Medicine Centre, didirikan pada tahun 2005 khusus untuk mempelopori penelitian terapi regeneratif sel punca pada sistem muskuloskeletal. Mengikuti etika dan protokol penelitian medis yang diakui secara internasional, serangkaian penelitian dilakukan yang berpuncak pada tahun 2007 dengan dimulainya studi percontohan manusia.

Beberapa studi klinis yang dipimpin oleh Dr. Saw Khay Yong (konsultan ahli bedah ortopedi dan CEO) mengungkapkan penemuan terobosan: dengan menyuntikkan sel induk darah pasien sendiri, ditambah dengan intervensi bedah dan fisioterapi, memungkinkan pasien untuk meregenerasi tulang rawan hialin.

Pada awal 2010, paten AS (no paten: US 8,377,432 B2: Method and composition for neochondrogenesis) diajukan untuk teknologi sel induk dan diberikan pada tahun 2013.

10. Stem Cell Pantai Hospital Kuala Lumpur

Dr. Reza Ng Ching Soong - Ahli Bedah Ortopedi
Dr. Reza Ng adalah penyedia layanan bedah dan perawatan Bahu dan Lutut tersier. Minatnya meliputi penyembuhan biologis dan regenerasi tulang rawan menggunakan sel punca. Dia saat ini adalah Penyelidik Utama untuk uji coba FDA yang sedang berlangsung tentang Regenerasi Tulang Rawan menggunakan Sel Induk Autologus dan Suntikan Asam Hyaluronic.

Dr Malinee A. Thambyayah - Ahli Saraf Anak
Minatnya termasuk Rehabilitasi Integratif untuk Cedera Otak Menggunakan Sel Punca, Terapi Oksigen Hiperbarik (HBOT) dan Pengobatan Nutrisi.

Berkaitan: Pantai Hospital KL Doctor List

Apakah Terapi Sel Induk Legal di Malaysia?

Menurut The Star, Guidelines untuk produk terapi sel dan gen (CGTPs) yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan akan diberlakukan mulai tahun 2021, kata Dr Lee Boon Chye (Wakil Menteri Kesehatan).

Presiden MACT (Malaysian Association for Cell Therapy) Dr Lim Teck Onn mengatakan penggunaan sel punca yang efektif untuk tujuan medis didukung oleh bukti, tetapi terapi sel mungkin kontroversial untuk aplikasi estetika.

“Penggunaan sel punca untuk terapi medis asli tidak pernah menjadi masalah. Ada data dan uji coba yang terbukti dan bahkan indikasi yang disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan AS. Masalah besar bagaimanapun adalah penggunaannya dalam kesehatan, anti-penuaan dan beberapa produk kecantikan. Sebagai asosiasi industri, kami memiliki kewajiban untuk memastikan bahwa perusahaan yang terlibat dalam kegiatan ini melakukannya secara bertanggung jawab dan tidak menipu pasien dan konsumen, ”katanya.

Untuk mengunduh Pedoman Malaysia untuk Produk Terapi Sel dan Gen (diperbarui Juli 2021), silakan klik di sini.

Mesenchymal Stem Cells / Sel Punca Mesenkimal

Ada 3 sumber utama sel punca mesenkim.

Umbilical Cord / Tali Pusat - Tali pusat itu sendiri adalah sumber yang kaya akan sel punca, di mana Wharton's Jelly-nya memiliki Mesenchymal Stem Cells (MSCs) yang berharga. Sel punca ini terbukti sangat menjanjikan karena memiliki sifat menguntungkan yang mungkin dibatasi oleh Sel Punca Hematopoietik (HSC). MSC memiliki kemampuan untuk berdiferensiasi menjadi sel tulang, jantung, saraf, kornea, lemak, dan tulang rawan, dan telah digunakan untuk perbaikan organ-organ tersebut.

Bone Marrow / Sumsum Tulang - Sumsum tulang telah diidentifikasi sebagai salah satu sumber terbaik pengambilan sel punca dari orang dewasa, melalui Bone Marrow Aspiration (BMA). Proses BMA adalah prosedur invasif berisiko rendah yang biasanya dilakukan di bagian belakang tulang pinggul. MSC yang berada di tulang spons diekstraksi dari sumsum tulang, di mana prosedur setengah hari meninggalkan bekas luka yang sangat kecil di punggung. MSC kemudian dibawa kembali ke laboratorium untuk diproses dan diperluas.

Adipose Tissue (jaringan adiposa / jaringan lemak) - Telah ditemukan bahwa jaringan adiposa mengandung MSC. MSC ini idealnya dipanen selama sedot lemak, di mana alih-alih membuang lemak yang terkumpul, lemak tersebut dibawa kembali ke laboratorium untuk isolasi dan ekspansi MSC. Meskipun MSC yang diturunkan dari adiposa saat ini sedang diselidiki untuk mengobati banyak penyakit, mereka sangat cocok untuk indikasi kosmetik.

Suplemen Oral Sel Punca?

Ada banyak "sel induk oral" palsu yang sebenarnya bukan sel induk hidup sama sekali dan dijual dengan klaim luar biasa tetapi tanpa data klinis apa pun untuk mendukungnya, tipikal penipuan suplemen kesehatan lainnya. Anda akan memiliki testimonial biasa dari orang-orang yang "merasa lebih baik", "terlihat lebih muda", dll. Sayangnya, perbaikan subjektif ini kemungkinan merupakan efek plasebo atau delusi.

Klaim pemasar tentang suplemen sel induk oral yang mengandung sel induk hidup tidak masuk akal secara ilmiah karena sel induk yang dikonsumsi secara oral akan dihancurkan oleh enzim di saluran pencernaan. Sel induk, seperti halnya daging (sel otot) yang Anda makan, akan dicerna (dipecah menjadi elemen yang lebih kecil) dalam sistem pencernaan Anda dan diserap sebagai asam amino dan lipid. Oleh karena itu, tidak ada manfaat khusus memakan sel punca selain dari aspek nutrisi yang didapat dari memakan sel hewan atau memakan sepotong daging. Untuk mencapai situs target, sel induk perlu disuntikkan atau diinfuskan (intravena, dll.) untuk melewati sistem pencernaan.

Namun, suplemen oral dapat diresepkan oleh dokter untuk 'mendukung' terapi sel induk. Jangan bingung dengan 'suplemen sel induk oral' yang mengklaim mengandung sel induk hidup. Seperti disebutkan di atas, sel induk hidup perlu disuntikkan untuk menghindari proses pencernaan manusia di perut.

Kesimpulan

Klinik terapi sel induk terbaik di Malaysia. 

Jika Anda ragu tentang pusat terapi sel induk mana yang harus dituju, jangan ragu untuk WhatsApp kami untuk Tele-Konsultasi Gratis: +60 11 - 8888 5062


Berkaitan:

NK Cell Therapy Malaysia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perawatan Sel Punca untuk Lutut di Malaysia 2023 (Berbasis Bukti)

Terapi Sel Punca untuk Autisme di Malaysia: Harga dan Uji Klinis 2022