NK Cell Therapy atau Terapi Sel Pembunuh Alami di Malaysia: Harga dan Review 2022

Apa itu Sel Pembunuh Alami?

Sel pembunuh alami (Natural Killer), jenis sel darah putih tertentu, merupakan komponen penting dari sistem kekebalan bawaan Anda. Sistem kekebalan Anda terdiri dari dua cabang berbeda - kekebalan yang dimediasi sel (bawaan) dan kekebalan humoral (adaptif). Ketika Anda tertular penyakit virus, patogen memasuki tubuh Anda dan menginfeksi sel-sel Anda.

Proses penyakit selanjutnya melibatkan respons imun yang diperantarai sel Anda, yang mengaktifkan sel NK Anda, bersama dengan bahan kimia yang menarik mereka ke tempat infeksi, di mana sel darah putih pada dasarnya mengunyah dan memuntahkan sel yang terinfeksi. Proses ini membersihkan virus dan meremajakan air seperti gel di dalam sel Anda.

Selama pemulihan, sistem kekebalan humoral Anda bekerja dan mulai menghasilkan antibodi terhadap virus untuk membantu mencegah proses dan gejala penyakit yang sama terjadi lagi, jika Anda terkena virus yang sama di kemudian hari. Selama sistem kekebalan yang dimediasi sel Anda diaktifkan terlebih dahulu dan sistem kekebalan humoral diaktifkan kedua, Anda akan memiliki kekebalan jangka panjang terhadap patogen itu.

Di samping catatan, kekebalan kawanan yang diperoleh secara alami dalam suatu populasi berperan ketika persentase individu yang sangat tinggi telah melalui urutan respons imun yang dimediasi sel dan humoral ini.

Sel NK juga mengenali sel yang rusak dan stres yang dipanggil untuk dieliminasi melalui sel NK. Sel sehat mengandung reseptor seperti molekul MHC 1 yang mencegah penghancuran melalui sel NK. Sel yang rusak atau ganas tidak memiliki reseptor ini dan rentan terhadap kerusakan. Karena kemampuannya untuk menghancurkan sel-sel yang berkinerja buruk, NK dapat memainkan peran utama dalam terapi untuk infeksi dan kanker. Begitu sel NK menghadapi infeksi atau virus yang sama lagi, mereka menyerang lebih kuat, menjadikan sel-sel ini sumber yang berharga untuk terapi. Artikel ini akan fokus pada sel NK dan sumbernya serta bagaimana pengobatan modern menggunakannya untuk mengobati kanker dan infeksi saat ini.

Sel NK Melindungi Terhadap Penyakit Virus dan Kanker

Sel NK terlibat dalam penyakit virus dan penyakit seperti kanker dan kondisi autoimun. Seperti yang dijelaskan dalam satu makalah tahun 2008 tentang fungsi sel NK:

"Sel NK adalah limfosit efektor dari sistem imun bawaan yang mengontrol beberapa jenis tumor dan infeksi mikroba dengan membatasi penyebarannya dan kerusakan jaringan selanjutnya... Sel NK juga merupakan sel pengatur yang terlibat dalam interaksi timbal balik dengan sel dendritik, makrofag, sel T, dan sel endotel Sel NK dengan demikian dapat membatasi atau memperburuk respon imun.

Meskipun sel NK mungkin tampak berlebihan dalam beberapa kondisi tantangan kekebalan pada manusia, manipulasi sel NK tampaknya menjanjikan dalam upaya untuk meningkatkan transplantasi organ hematopoietik dan padat, mempromosikan imunoterapi antitumor dan mengendalikan gangguan inflamasi dan autoimun."

Manfaat dan Efek Samping Transfusi Sel NK

Dari segi manfaat, sel NK adalah yang paling sulit diproduksi di dalam tubuh, sehingga transfusi dalam jumlah besar secara otomatis memperkuat sistem kekebalan tubuh pasien. Sel-sel lebih cepat dan menyerang setiap sel abnormal segera setelah transfusi. Sel-sel NK tidak hanya menghilangkan tetapi mencegah terulangnya kembali sel-sel virus atau kanker tersebut karena memorinya yang lebih kuat untuk menyerang. Meskipun harus diketahui ini bukan obat yang lengkap atau pasti untuk kanker, tetapi tambahan yang bagus dengan agen terapeutik lain yang diberikan kepada pasien. Mereka yang menderita virus dan penyakit lain juga mendapat manfaat yang sama tetapi harus terus minum obat lain yang diresepkan. Efek samping minimal bagi pasien. Ini tidak menyakitkan, pasien mungkin merasa sedikit lelah atau mual tetapi tidak harus dirawat di rumah sakit atau diistirahatkan. Sebagian kecil pasien, biasanya menolak sel yang diberikan bahkan setelah pemilihan yang cermat sehingga jika terjadi demam, ruam atau muntah, mereka harus segera menghubungi dokter mereka.

Sel pembunuh alami adalah bentuk pertahanan terbaik dan bawaan kita sejak lahir. Namun, bagi sebagian orang, sel-sel ini mungkin tidak bekerja sebanyak atau tidak tersedia pada mereka yang terkena kanker dan infeksi virus tertentu. Dengan kemajuan kedokteran dan penelitian, kemampuan untuk memahami dan mengumpulkan sel-sel pembunuh alami untuk terapi telah meningkat. Ini membuatnya tersedia untuk pasien yang mencari terapi untuk sistem kekebalan yang buruk atau lemah tanpa banyak bahaya. Meskipun ini bukan 'pil ajaib' dan obat penuh untuk sebagian besar penyakit, ini adalah langkah ke arah yang benar untuk mengobati sel-sel ganas yang pernah kami pikir tidak dapat dihancurkan dengan cepat.

Find NK Cell Centres in Malaysia

1. Stem Cell Malaysia (SCM)

Stem Cell Therapy Malaysia Working Group (SCM) adalah jaringan dokter dan spesialis medis multi-disiplin yang terlatih secara khusus, yang menyediakan pengobatan regeneratif, kedokteran integratif, dan pengobatan gaya hidup yang canggih, didorong oleh penelitian, dan gaya pengobatan di Malaysia.

Stem Cell Malaysia memiliki beberapa klinik mitra di Klang Valley i.e. Gleneagles Hospital Kuala Lumpur, Pantai Hospital Kuala Lumpur, UKM Hospital, Subang Jaya Medical Centre, Life Care Medical Centre, Assunta Hospital, Publika KL, Petaling Jaya, Shah Alam dan Seri Kembangan.

WhatsApp kami untuk Tele-Konsultasi Gratis: +60 11 - 8888 5062

2. 23C Healthcare

Transfer Bioteknologi Dari China National Stemcell Bank ke 23Century International Life Science Centre Malaysia sejak 2018.

23 Century Group adalah pelopor grup perusahaan teknologi tinggi dengan status utama di bidang manufaktur sel. Mitra bioteknologi grup, Beike Biotechnology Co. Ltd, memiliki pengalaman lebih dari dua puluh tahun dalam pengembangan terapi sel punca dan aplikasi klinis terkait, memegang 67 paten di Cina dan internasional.

Dengan keahlian preparasi sel yang canggih, 23 Century Group saat ini menjadi pemilik laboratorium preparasi sel CGMP di Malaysia. Ini juga akan disinkronkan ke lebih dari 30 laboratorium di seluruh China.

Kelompok ini telah bekerja sama dengan lebih dari 400 lembaga penelitian dan medis domestik dan luar negeri, yang diterbitkan di lebih dari 50 jurnal. Tujuan mereka adalah untuk meningkatkan kesehatan dengan memberikan harapan dan terapi sel kepada pasien yang menderita penyakit yang tidak dapat disembuhkan dari praktik klinis saat ini.

23 Century Group memiliki berbagai pusat mitra di Klang Valley.

WhatsApp kami untuk Tele-Konsultasi Gratis: +60 11 - 8888 5062

3. NK Biocell Sdn Bhd

Pusat perawatan kanker tingkat lanjut yang berfokus pada imunoterapi – perawatan yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan dan mencegah kanker menggunakan sel pembunuh alami.

Sel pembunuh alami (NK) adalah jenis sel limfoid yang berfungsi dalam sistem kekebalan tubuh bawaan untuk menghilangkan sel diri yang terinfeksi atau kanker dengan efek samping yang lebih sedikit. Tujuan utama kami adalah memberikan kesempatan kepada setiap pasien yang didiagnosis menderita kanker untuk sembuh dan pulih.

Jika Anda ragu pusat terapi sel NK mana yang harus dituju, jangan ragu untuk menghubungi kami untuk mendapatkan bantuan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perawatan Sel Punca untuk Lutut di Malaysia 2023 (Berbasis Bukti)

Terapi Sel Punca Malaysia: Harga dan Ulasan (2023)

Terapi Sel Punca untuk Autisme di Malaysia: Harga dan Uji Klinis 2022